Review: Polygon Siskiu 6 Tosca

Polygon tidak membuat sebuah sepeda, tetapi sebuah karya seni

Lihat lekukan pada setiap bagian frame-nya. Lihat bagaimana sepeda ini tersaji. Sebuah kombinasi dan perpaduan yang pas membuat siapapun yang melihatnya pasti ingin memilikinya. Menurut saya pribadi, sepeda ini merupakan salah satu Masterpiece dari Polygon untuk kelas XC Hardtail.

Sayangnya, Siskiu 6 ini dilengkapi dengan Crankset Deore Dual Chainring dan Sprocket 11-36T 10 Speed dengan Rear Derailleur SLX M-7000 yang menurut saya, agak kurang lengkap dan ganjil. Seharusnya Polygon sudah menerapkan sistem 1x Drivetrain pada sepeda ini agar lebih sempurna.

Ban Schwalbe Smart Sam 2.25 yang melekat pada sepeda ini cukup tangguh untuk medan off-road dan sedikit becek. Pada jalan asphalt ban ini memiliki tingkat rolling yang cukup tinggi. Walaupun masih kalah dengan Maxxis Ikon dan Pace

Sepeda ini dilengkapi dengan fork Suntour XCR 32 100mm. Travel dengan panjang 100mm, merupakan travel paling pas untuk menanjak dan jalur off-road kampung. Untuk medan menurun disertai bebatuan, sebaiknya kita menurunkan seat post agar lebih aman. 

Rekomendasi fork untuk sepeda ini adalah Suntour Epixon atau RST F1rst. Kedua fork itu akan membuat bersepeda Anda menjadi lebih nyaman dalam menyapu Rock Garden.

Brake rotor Polygon Siskiu 6 ini menggunakan Rotor 180mm untuk bagian depan dan 160mm untuk bagian belakang. Ukuran rotor sudah paling pas untuk medan Cross Country. Rem-nya juga sudah hidrolik empuk Shimano Non-Series. Menurut saya, spek bawaan pabrik sudah cukup ampuh untuk dipakai disegala medan.

Berikut spesifikasi lengkap dari Polygon Siskiu 6:


Frame:
ALX XC SPORT, 135MM O.L.D., IS MOUNT, INTERNAL SHIFTING ROUTE
Front Fork:
SR SUNTOUR XCR RL-R WITH REMOTE, TRAVEL 100MM, TAPERED STEERER
Shift Lever:
SHIMANO DEORE SL-M610
Derailleur Front:
SHIMANO DEORE FD-M617-L
Derailleur Rear:
SHIMANO SLX RD-M7000-10-DSGS
Brakes Front:
SHIMANO BR-M365
Brakes Rear:
SHIMANO BR-M365
Brake Levers:
SHIMANO BL-M365
Pedals:
VP COMPONENT VP-195E, ALLOY
Crankset:
SHIMANO DEORE FC-M617 36X22T, 170MM(S-M), 175MM(L)
Bottom Bracket:
SHIMANO INTEGRATED BB BSA
Chain:
KMC X-10
Cassette:
SHIMANO CS-HG50, 10-SPEED 11-36T
Wheelset:
ARAYA DM-650 RIMS WITH SHIMANO HUB
Tires:
SCHWALBE SMART SAM, 27.5”X2.25”, CLINCHER
Saddle:
ENTITY ASSAULT, CR-MO RAIL
Seatpost:
ENTITY XPERT, ALLOY, 30.9X350MM
Stem:
ENTITY XPERT, ALLOY, 80MM(S-M), 100MM(L)
Handlebar:
ENTITY XPERT, ALLOY, 740MM
Headset:
FSA NO.57B, TAPER ID:44/56MM

Apa Saja yang Perlu Diganti?

Walaupun diawal tadi saya bilang sepeda ini merupakan Masterpiece untuk kelas XC Hardtail dari Polygon, namun ada beberapa part pada sepeda yang bisa untuk di-improve.

Hal pertama yang sepatutnya diganti adalah Seat Post. Sebaiknya kita invest untuk Dropper Post karena nanti akan amat sangat berguna saat bertemu medan yang naik-turun. Dropper Post membuat riding position kita bisa berubah menyesuaikan track yang kita hadapi.

Kedua, mengganti pedal dengan Wide Flat Pedal. Tapak pedal bawaan sepeda ini samp4h dan sudah sepatutnya diganti. Lalu yang tidak kalah penting, yaitu mengganti fork bawaan menjadi Suntour Epixon atau RST F1rst untuk fork budget 2 jutaan. Jika memiliki uang lebih, bisa beralih ke Rockshox SID atau Recon.

Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah, mengganti Crankset dan juga Sprocket. Dual Chainring adalah Useless. 1x Drivetrain adalah kunci. Sprocket belakang perlu ditingkatkan min. 11-42T. Bagaimana dengan Rear Derailleur? Menurut saya, RD SLX M-7000 sudah lebih dari cukup.