Review: Superlogic Flat Carbon Handlebar

Seperti ingin mengunyah karena tampilannya yang renyah

Memilih handlebar yang tepat untuk sebuah sepeda merupakan hal yang sangat penting. Karena sebatang handlebar dapat mempengaruhi handling dan juga riding position saat bersepeda. Pada umumnya, sepeda Cross Country modern dilengkapi dengan handlebar dengan panjang 680mm – 780mm, semua tergantung pada ukuran tinggi badan dan juga riding style. 

Handlebar merk Superlogic ini memiliki panjang 740mm yang menurut review saya pribadi merupakan ukuran yang pas untuk tinggi badan 165-180cm. Desainnya yang eye-catchy serta bobotnya yang super ringan, hanya sekitar 300gr, membuat handlebar ini sangat cocok untuk penggila Cross Country. Peminat Flat Handlebar tidak akan melewatkan handlebar ini untuk dipasang dengan disepedanya. 

Karena handlebar ini terbuat dari Carbon, strukturnya kokoh dan dapat menerima siksaan pada jalan bebatuan maupun drop ringan dengan tinggi 30-50cm. Saya telah mencobanya ketika dipasang pada Siskiu 6 saya dan mencoba drop jump di track Cihuni AM. Handlebar ini tetap utuh tak bergeming.

Namun, ada beberapa catatan yang perlu diingat. Saat memasang handlebar ini, kita tidak perlu mengencangkan tekanan baut pada stem, tuas rem dan shifter sekuat tenaga. Seperlunya saja yang penting tidak goyah. Ciri khas bahan Carbon yaitu tahan benturan namun sedikit ringkih pada tekanan. Tapi sejauh ini, handlebar ini masih menjadi pilihan utama saya dalam bersepeda Cross Country.

Kesimpulannya adalah, handlebar ini bisa menjadi teman setia kamu saat bersepeda Cross Country karena memberikan geometri Race. Namun jika kamu lebih minat ke medan Trail dan All Mountain, saya sarankan bisa memilih handlebar lain yang lebih solid.