EPISODE

Blusukan Danau Batu Jajar

MINGGU, 27 OKT 2017

Trek menanjak yang extreme, semak belukar padat, hutan sawit yang rimbun serta sawah yang menjuntai luas menjadi teman akrab sepanjang perjalanan ke Danau Batu Jajar

Setelah beberapa lama vakum tidak gowes bersama, Komunitas Sepeda Serpong yang dimarshally oleh Om Ferdian berniat untuk mengunjungi Danau Batu Jajar yang terletak di daerah Batu Jajar, Cigudeg, Jawa Barat. 

Check point pertama kami yaitu disalah satu minimart di daerah Jl. Dago – Parung Panjang. Di sana kami melakukan pengecekan sepeda dan mengisi perbekalan. Crew yang ikut kali ini ada empat orang, Om Kiky dengan Thrill Ricochet 1.0 nya. Om Deny dengan Thrill Vanquish 3.0, Marshall kami Om Ferdian dengan Polygon Xtrada 5 (Mountain Goat Edition) dan saya dengan Polygon Siskiu 6. Dari minimart berlanjut ke pendakian Jl. Dago dengan elevasi 100-150 meter. Baru diawal start sudah benar-benar menguras tenaga. Terbayang betapa nestapanya nanti saat blusukan di tengah hutan.

Om Deny dan Om Kiky setting up the bike

Dari tanjakan Dago lanjut turun menuju arah Pingku dan masuk ke pabrik pembuatan batu bata. Sungguh experience yang luar biasa karena cuaca yang mendukung dan tanah yang kering membuat gowes kali ini menjadi sangat fun. Pabrik batu bata ini cukup luas yang mungkin kalau muter-muter disana sendiri bisa bikin track baru. 

Tidak jauh dari pabrik batu bata, kami lanjut dan memasuki kawasan Hutan Akasia. Wah, seperti di film-film Lord of the Rings. Suasana teduh dan akrab, serta mistik yang cukup kental membuat suasana hati saat mengayuh pedah campur aduk. Hasrat ingin terus melanjutkan perjalanan semakin menggebu-gebu, namun kondisi fisik yang habis dibantai oleh sejumlah tanjakan membuat kami rehat sejenak.

Panjang track Hutan Akasia ini sekitar 5 Km. Jalur yang naik turun dan banyak cabang berliku membuat kami sedikit galau dengan rute yang kami ambil. Beruntung kami didampingi Marshall yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya sehingga perjalanan terbilang cukup lancar.

Lepas dari Hutan Akasia, kami memasuki sawah yang cukup luas. Terasering pada sawah cukup asik untuk dipakai untuk bermain drop jump sekedar untuk hiburan. Namun, hiburan itu tidak berlangsung lama karena sehabis itu kami harus menggotong sepeda ke atas tebing yang cukup curam. Di sini team work kami diuji. Teman-teman KSS memang luar biasa. Dan saya yakin, selepas ini kami pasti bisa melewati rintangan apa pun bersama.

Lokasi Danau yang berdekatan dengan Kebun Sawit dapat ditembus setelah kami melewati jalur hutan. Tenaga crew KSS mulai terkuras. Namun kami tetap harus melanjutkan perjalanan. Hanya